PAUD "Islami" Alternatif Pencetak Generasi Robbani

Generasi Muda Alqurani
PAUD "Islami" Alternatif Pencetak Generasi Robbani.
Sekarang ini zamannya sudah mulai berubah, untuk mencukupi kebutuhan makan saja terkadang sangat sulit dan serba repot apalagi memikirkan perkembangan dan kemajuan anak-anaknya di usia dini. Banyak orangtua yang tidak begitu peduli untuk memperhatikan pendidikan khususnya agama bagi anak-anaknya sehingga mereka hidup tanpa tuntunan. Padahal agama memberikan panduan lengkap dalam menjalani proses hidup bagi seorang anak untuk mengenal dunia ini.
Anak ibarat kertas putih, yang bisa ditulis dengan tulisan apa saja. Peran orangtua sangatlah penting / vital. Karena melalui orangtua, anak akan menjadi manusia yang baik atau tidaknya. Rasulullah SAW, sebagai teladan paripurna, telah memberikan tuntunan bagaimana mendidik dan mempersiapkan anak sejak usia dini. Dan hal yang paling penting adalah keteladanan untuk pengkaderan individu dan pembentukan kepribadian secara Islami. Lembaga pendidikan Islam paling dini adalah orangtua dan keluarga, yang berperan sebagai madrasah pertama dalam kehidupan individu anak.

Ada perumpamaan yang mengatakan bahwa belajar diwaktu kecil bagai mengukir diatas batu, dan belajar sesudah dewasa bagai mengukir diatas air. Perumpamaan ini juga merupakan hadis yang diriwayatkan oleh Ath Thabarani dalam Mu’jam Al Kabir. Hadist dan perumpamaan ini menganjurkan supaya kita mendidik dan mengajarkan anak anak kita sejak dini, karena sejatinya manusia dilahirkan dalam kondisi yang sangat lemah dan tidak berdaya, untuk bisa hidup normal dia sangat bergantung kepada kedua orangtuanya, selain susu dari ibunya setiap manusia juga membutuhkan kasih sayang, perlindungan, dan pendidikan untuk melanjutkan hidupnya. 
Seorang anak menjalankan seluruh kehidupannya di dalam lingkungan keluarga, maka keluarga sangat bertanggung jawab dalam mengajari anak tentang berbagai macam perilaku Islami. Keluarga juga bertanggung jawab untuk membekali anak dengan nilai-nilai pendidikan sosial yang baik.
Sangat penting diajarkan kepada anak bahwa sebaik-baik manusia adalah mereka yang mempunyai akhlaq yang mulia. Dan itu juga ditopang dengan contoh yang mereka temukan di dalam keluarga dan lingkungan.
Setiap anak muslim hendaknya diajari untuk selalu berakhlaq baik, seperti sikap ihsan, amanah, ikhlas, sabar, jujur, tawadhu, malu, saling menasihati, adil, membangun silaturahim, menepati janji, mendahulukan kepentingan orang lain, suci diri, dan pemaaf.
Kalau kita sebagai orang tua terlalu sibuk dengan urusan-urusan keduniaan dan sulit untuk memberikan pendidikan khusnya Agama Islam bagi anak-anaknya masih ada alternatif kedua yaitu Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini yang bernafaskan Islam, Lembaga ini sebagai lembaga pendidikan pembentuk karakter anak bangsa dalam memberikan tuntunan agama, mendidik individu dalam meningkatkan kualitas imannya kepada Allah SWT dan menumbuhkan perilaku baik di dalam diri setiap anak serta memberikan pembekalan bagi individu dengan keterampilan-keterampilanyang menunjang kehidupannya. hal ini patut kita acungi jempol,  untuk itu wajib kita dukung bersama-sama.
Dengan demikian anak-anak kita sebagai tunas-tunas bangsa, generasi robbani dan penerus pengelola bumi ini wajib memahami, bersikap arif dan bijaksana dalam mengatur dan memanfaatkan alam semesta yang sudah tua ini sejak dini. Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini yang bernafaskan Islam lah yang menjadi alternatifnnya.

0 komentar:

Posting Komentar