Bermain Adalah Dunia Kegembiraan Anak

Dunia kegembiraan bermain Anak
Bermain adalah dunia kegembiraan anak, karena anak-anak pada usia dini memahami dunia sekitarnya secara alami melalui bermain. Bagi anak, bermain bukan sekedar kesenangan, melainkan juga merupakan sarana belajar untuk mendapatkan pengetahuan, pembentukan watak dan sosialisasi.

Untuk mengoptimalkan waktu bermain anak diperlukan adanya program bermain yang terencana, yang dikembangkan berdasarkan tahap-tahap tumbuh-kembang dan minat, bakat serta kondisi lingkungan di mana anak tinggal.
Menurut pakar pendidikan, usia dini (0 – 5 tahun) adalah usia emas yang sangat berpengaruh pada kepribadian anak selanjutnya karena perkembangan IQ, EQ, dan SQ berkembang sampai 80%.
Dengan membiarkan anak bermain sesuai kemampuan dan bakatnya akan menumbuhkan keterampilan psikomotorik anak, baik psikomotorik kasar maupun psikomotorik halus.
Cara yang efektif dalam mendidik anak usia dini adalah melalui pendekatan saat anak bermain sendiri atau berkelompok, orangtua maupun tenaga pendidik bisa menjadi teman bermain, mengarahkan serta mengajak anak berpikir menggunakan logika dan membedakan mana yang baik dan yang tidak baik.
Orangtua adalah pendidik utama, dan pertama, serta terbaik untuk anak. Namun demikian dengan berbagai kendala, orangtua seringkali tidak bisa mendidik dan mengasuh anaknya secara langsung. Bagaimana jika kondisi demikian menimpa anda?
Tak perlu khawatir, kini mulai berkembang pendidikan anak usia dini (PAUD). PAUD merupakan peran yang dilakukan dengan kemampuan untuk memberikan pelayanan pendidikan kepada anak untuk menggantikan peran orang tua.
Akan tetapi pastikan tenaga pengasuh dan pendidik memiliki pengetahuan tentang tahap tumbuh kembang anak dan kecerdasan memahami situasi anak didik maupun dalam menerapkan kegiatan bagi anak yang berada di bawah asuhannya. Untuk itu tenaga pendidik harus dapat merancang kegiatan yang mampu merangsang kemampuan anak berkreasi dan berimajinasi.
Namun perlu digaris bawahi, PAUD hanya merupakan perpanjangan tangan anda, bukan pengasuh dan pendidik utama.

read more : http://m.perempuan.com/detail/dunia-anak-adalah-bermain

0 komentar:

Posting Komentar