Guru Paud Profesional Dan Berkarakter Mulia

guru-paud-profesional-dan-berkarakter
Guru Paud Profesional Dan Berkarakter Mulia.
Menjadi guru PAUD yang Profesional dan memiliki karakter mulia dan terpuji yang disukai dan ditauladani oleh anak-anak bukanlah hal yang mudah. Banyak hal yang harus diketahui dan dimiliki untuk bisa menjadi seorang guru PAUD yang diharapkan. Apa saja hal-hal yang harus diketahui dan dimiliki oleh seorang guru PAUD?
Sebelumnya perlu kita ketahui bersama bahwa Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.

Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.

Untuk itu perlu didukung oleh guru guru yang profesional di bidangnya. Ciri-ciri guru paud yang professional adalah guru yang memiliki kualifikasi akademik setidak-tidaknya (S1/DIV) dan memiliki 4 kompetensi profesi yang meliputi kompetensi pedagogic, kompetensi  kepribadian, kompetensi professional dan kompetensi sosial. 

Selain itu Karakter seorang guru Paud yang mulia dan berakhlak terpuji harus bercirikan unik, memberdayakan dan menginspirasi  dalam 4 ranah olah piker, olah rasa dan karsa, olah hati dan olah raga. 
Olah pikir yaitu  cerdas, kritis, kreatif, inovatif, ingin tahu, berpikir terbuka, produktif, berorientasi Ipteks, dan reflektif.  
Olah hati meliputi beriman dan bertakwa, jujur, amanah, adil, bertanggung jawab, berempati, berani mengambil resiko, pantang menyerah, rela berkorban, dan berjiwa patriotik.
Olah rasa dan karsa terdiri dari  ramah, saling menghargai, toleran, peduli,  suka menolong, gotong royong, nasionalis, kosmopolit , mengutamakan kepentingan umum,  bangga menggunakan bahasa dan produk Indonesia, dinamis, kerja keras, dan beretos kerja. 
Sedangkan Olah raga meliputi bersih dan sehat, disiplin, sportif, tangguh, andal, berdaya tahan, bersahabat, kooperatif, determinatif, kompetitif, ceria, dan gigih.
Seperti yang disampaikan Dirjen Mandikdasmen Kemendiknas RI, Prof Suyanto, Ph.D dalam Seminar Nasional “Character Building for Vocational Education” di Ruang Sidang Rektorat UNY , Minggu, (5/12) dan Prof. Darmiyati Zuhdi Ed.D , ketua Tim Pendidikan Karakter UNY yang menyampaikan pendekatan komprehensif untuk membentuk calon guru professional dan berkarakter terpuji menyatakan bahwa Guru yang  bermutu tinggi terlihat dari  8 ciri yaitu: 
  1. Menunjukkan seperangkat kompetensi sesuai dengan standar yang berlaku, 
  2. Mampu bekerja dengan menerapkan prinsip-prinsip keilmuan dan teknologi dalam memberikan layanan sebagai seorang ahli,
  3. Mematuhi kode etik profesi guru, 
  4. Bekerja dengan penuh dedikasi. 
  5. Mampu membuat keputusan secara mandiri maupun secara bersama 
  6. Menunjukkan akuntabilitas kinerjanya kepada pihak-pihak terkait , 
  7. Bekerjasama dengan sejawat dan pihak lain yang relevan 
  8. Secara berkesinambungan mengembangkan diri baik secara mandiri maupun melalui asosiasi profesi
Semoga dengan adanya guru PAUD yang Profesional dan memiliki karakter terpuji, dapat menunjang tumbuh-kembangnya anak menuju pribadi yang unggul di masa yang akan datang, baik secara intelektual, mental, maupun spiritual.

0 komentar:

Poskan Komentar